Harus Tetap Berjaga-Jaga

Renunganhariini.com – Renungan Harian. HARUS TETAP BERJAGA-JAGA. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Harus tetap berjaga-jaga akan menjadi tema renungan kita hari ini.

Saat ini manusia pada umumnya sedang hanyut dalam berbagai kesenangan yang dunia tawarkan, sehingga begitu banyak orang yang tenggelam didalamnya dengan memilih hidup dalam kenikmatan dunia.

Keadaan ini membuat manusia pada umumnya hampir-hampir tidak pernah lagi menyadari akan terjadinya sebuah kejadian dahsyat yaitu berakhirnya kehidupan di dunia ini, namun sebagai orang percaya kita harus tetap berjaga-jaga, karena firman Tuhan katakan “Aku datang seperti pencuri”

Wahyu 16:15 “Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya.”

Sebagai orang percaya kita harus melihat kebenaran firman Tuhan ini sebagai sebuah peringatan penting. Mari kita melihat maksud dari ayat ini secara kata per kata, baik itu berdiri sendiri ataupun dalam bentuk kalimat pendek.

Kebenaran firman Tuhan ini dimulai dengan sebuah kata yaitu “lihatlah” ini menunjuk kepada sebuah seruan, ajakan, atau perintah kepada setiap orang percaya untuk mengarahkan atau mengalihkan pandangannya supaya tertuju kepada apa yang sedang Tuhan sampaikan yaitu peristiwa kedatangan Tuhan.

Kemudian dikatakan “Aku datang seperti pencuri” artinya, kedatangan Tuhan itu tidak ada yang tahu, kedatangan Tuhan itu akan terjadi dengan tiba-tiba, kedatangan Tuhan itu begitu cepat kejadiannya, sehingga sebagai orang percaya kita harus sadar dan waspada serta mempersiapkan diri untuk menghadapi keadaan ini, yaitu kedatangan Tuhan. Hal ini sejalan dengan apa yang firman Tuhan katakan didalam;

Matius 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. 24:43 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. 24:44 Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.”

I Tesalonika 5:2 karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam.

Pada kalimat selanjutnya dikatakan “berbahagialah dia”, ini menunjuk kepada semua orang yang percaya kepada Allah didalam Tuhan Yesus Kristus, akan mengalami sebuah kebahagiaan atau sebuah sukacita yang luar biasa, tetapi ternyata tidak semua orang percaya bisa mengalaminya.

Pertanyaannya kenapa?.

Karena pada kalimat selanjutnya dikatakan “yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya” artinya yang akan berbahagia hanyalah, orang-orang percaya yang terus berjaga-jaga, orang-orang percaya yang selalu waspada, atau orang-orang percaya yang selalu siap sedia menantikan dan merindukan kedatangan Tuhan.

Kemudian dilanjutkan dengan kalimat yang memperhatikan pakaiannya. Pakaian berbicara tentang keadaan hidup setiap orang percaya yang mau menjaga sikap hati dan pikirannya supaya seturut dengan kehendak Tuhan, serta sepanjang hidupnya melakukan kehendak Tuhan, yaitu apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Orang-orang seperti ini akan selalu menjaga hidupnya supaya terus tinggal di dalam kekudusan Allah.

Lalu kalimat selanjutnya dikatakan “supaya ia jangan berjalan dengan telanjang. kalimat, Supaya ia jangan berjalan dengan telanjang maksudnya jangan tidak berpakaian,dan pakaian yang dimaksudkan adalah pakaian “batiniah” setiap orang, yang menunjuk kepada sikap hati dan pikiran setiap orang percaya.

Orang-orang yang berjalan telanjang adalah sama dengan orang-orang percaya yang tidak hidup sesuai kehendak Tuhan, tidak sehati sepikiran dengan Tuhan, tidak tinggal di dalam kekudusan Allah.

Lalu dilanjutkan, dan jangan kelihatan kemaluannya. Jelas bahwa orang yang tidak berpakaian pasti akan merasa malu, ini sama dengan hidup orang percaya yang didapatkan tidak berkenan dihadapan Allah, karena tidak melakukan kehendak Allah, atau tidak menguduskan dirinya untuk Allah, atau dengan bahasa lain dapat dikatakan, tidak mengenakan pakaian kekudusan Allah,  maka ia akan malu dan tidak dapat tahan berdiri dihadapan Allah.

Lukas 21:36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”

Saat ini kalau kita di ingatkan oleh firman Tuhan yang berkata “Aku datang seperti pencuri” itu artinya sebagai orang percaya kita harus benar-benar mempersiapkan diri, menanti kedatangan Tuhan, kita harus tetap berjaga-jaga, dan melengkapi diri kita dengan sikap hati manusia batiniah yang dipenuhi dengan kebenaran Allah, supaya kita didapatkan berpakaian kekudusan Allah, dengan demikian kita bisa menjadi bagian dari orang-orang yang berbahagia yang diperkenankan masuk dan tinggal di dalam kerajaanNya. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin. (Renungan Oleh, Pdt.Franky Tutuhatunewa).

One Response

  1. Enye October 24, 2019

Leave a Reply