Hidup Kudus

Renunganhariini.com: Renungan Motivasi – HIDUP KUDUS. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Renungan Motivasi kita saat ini adalah, Hidup Kudus.

Saudaraku, ketika kita menerima keselamatan di dalam Kristus Yesus, maka kita harus menyadari bahwa segenap hidup kita sepenuhnya telah menjadi milik Tuhan. Dan itulah yang firman Tuhan maksudnya sebagaimana yang dikatakan di dalam (1 Korintus 6:20).

1 Korintus  6 :20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Dengan demkian kita harus benar-benar menyadari bahwa hidup kita ini bukan milik kita lagi, artinya kita tidak berhak lagi atas seluruh hidup kita, sebab Tuhan-lah yang berhak atas seluruh hidup kita. Oleh sebab itu kita tidak boleh lagi hidup menuruti keinginan diri kita sendiri, tetapi sepenuhnya hidup kita harus menuruti apa yang menjadi kehendak Allah.

Hidup menuruti apa yang menjadi kehendak Allah adalah kewajiban yang harus kita lakukan jika kita ingin menjadi pribadi yang berkenan kepada Allah. Ketika kita sadar bahwa seluruh gerak hidup kita harus sesuai kehendak Allah, maka kita juga harus berjuang sungguh-sungguh untuk tetap hidup dalam kekudusan Allah, sebab hidup kudus adalah harga mati yang harus nyata dalam kehidupan setiap orang yang mengaku percaya kepada Allah.

Seringkali kita lebih suka berdalih dengan alasan mana mungkin kita bisa kudus seperti Tuhan, tetapi Firman Tuhan perintahkan bahwa kita harus kudus.

1 Petrus 1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Jika kita berdalih bahwa tidak mungkin kita bisa kudus seperti Tuhan, maka hal itu sama dengan menolak perintah Tuhan, sama juga dengan kita tidak percaya kepada Tuhan, sebab kalau Firman Tuhan katakan “kuduslah kamu sebab Aku kudus” itu artinya Tuhan tahu bahwa kita bisa hidup kudus. Ingat Tuhan tidak mungkin memerintahkan hal yang tidak bisa kita lakukan.

Jadi sebenarnya yang menjadi persoalan itu bukan kita tidak bisa hidup kudus, tetapi kita tidak mau untuk hidup kudus, sebab kalau kita mau maka kita akan berjuang untuk menjaga kekudusan hidup. Dan disaat kita berjuang untuk hidup kudus, maka Allah akan memberikan kekuatan kepada kita supaya bisa hidup dalam kekudusan-Nya.

Orang percaya yang tidak mau untuk mengambil bagian hidup dalam kekudusan Allah, sebenarnya ia tidak percaya kepada Allah. Sebab kalau percaya kepada Allah maka ia akan hidup melakukan semua yang menjadi perintah Allah, termasuk hidup dalam kekudusan. Itulah kenapa Firman Tuhan katakan supaya kita mengejar kekudusan.

Ibrani  12 :14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.

Firman Tuhan ini sudah begitu jelas, bahwa kalau kita tidak hidup dalam kekudusan, maka kita tidak mungkin bisa hidup bersama-sama dengan Tuhan, sebab Allah itu kudus dan Allah tidak bisa menyatu dengan segala sesuatu yang tidak kudus. Jadi kalau kita tidak mau berjuang untuk tetap hidup dalam kekudusan, maka jangan pernah berharap kita bisa diterima di dalam Kerajaan Allah Bapa di Sorga.

Tidak hidup kudus, sama dengan tidak melakukan kehendak Allah. Dan kalau kita tidak melakukan kehendak Allah, maka kita tidak akan diterima oleh Allah. Firman Tuhan katakan;

Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Kiranya kebenaran firman Tuhan ini semakin membuat kita sadar, semakin membuat kita mengerti apa yang Allah kehendaki dari hidup kita, ketika kita berkata kita percaya kepada Allah. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

BACA JUGA RENUNGAN : Apa Yang Disediakan Tuhan

Leave a Reply