Renungan Harian: Menghormati Tuhan Dengan Benar

Renunganhariini.com: Renungan Harian – Menghormati Tuhan Dengan Benar. Menghormati Tuhan itu harus dipahami dengan benar. Sebab menghormati Tuhan bukan sekedar bernyanyi memuji Tuhan.

Orang yang menghormati Tuhan itu adalah seseorang mau melakukan segala sesuatu sesuai dengan kehendak dan keinginan Tuhan. Artinya apa yang dipikirkan diucapkan harus sesuai dengan selera Tuhan.

Orang yang menghormati Tuhan akan berjuang untuk menemukan rencana Tuhan secara pribadi dan secara umum terhadap dunia ini.

Orang kristen tidak cukup memuliakan Tuhan hanya dengan puji-pujian. Sebab memuliakan Tuhan itu harus dengan segenap hidup.

Yohanes 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Ini jangan digantikan dengan menyelenggarakan kebaktian lalu berbahasa roh. Bukan begitu yang Tuhan kehendaki.

Menyembah Allah adalah sikap hidup setiap hari yang kita tunjukan harus sesuai dengan kehendak Tuhan.

Jadi bukan menyembah lalu berbahasa roh lalu itu sudah menyembah dalam rioh dan kebenaran. Sebab sesungguhnya semua yang kita ucapkan dan kita pikirkan harus menunjukan kita benar-benar menghormati Tuhan.

Menghormati Tuhan itu bukan hanya melakukan hukum, tetapi segala sesuatu yang kita lakukan harus sesuai dengan selera Allah. Jadi hidup ini hanya untuk melakukan keuinginan Tuhan.

Tentu untuk melakukannya kita harus terlebih dahulu menjadi orang baik dengan standar yang tinggi, artinya memiliki gairah untuk melakukan semuanya sesuai dengan keinginan Tuhan, dan tidak boleh diluar keinginan Tuhan.

Dengan melakukan semuanya sesuai dengan kehendak Allah, sama dengan mengamb il bagian dalam kekudusan Allah, atau mengenakan kodrat ilahi.

Kalau kita bisa melakukannya, itu artinya kita melakukan hal yang benar, dan hal itu seperti menemukan kembali kemuliaan Allah yang hilang.

Dizaman anugerah ini, setiap orang yang mau mengikut Tuhan Yesus dimungkinkan untuk menjadi orang yang bisa melakukan kehendak Allah. Jadi apapun yang kita lakukan tidak sesuai dengan kehendak Allah, artinya tidak sesuai dengan pikiran Allah, maka itu adalah dosa. Ingat saudaraku firman Tuhan mengatakan bahwa kita harus sempurna. (Matius 5:48).

Jadi kita harus memahami dosa itu bukan sekedar melanggar hukum, tetapi segala sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan Tuhan itu dosa. Oleh sebab itu jangan merasa sudah selamat karena kita sudah menjadi orang kristen yang rajin ke gereja.

Keselamatan itu dimulai dari sikap hati dan cara hidup kita yang menghormati Tuhan sejak kita masih di dunia ini. Kalau kita tidak membiasakan diri untuk menghormati Tuhan sejak sekarang maka sampai di kekekalan pun kita tidak mungkin menghormati Tuhan.

Jadi jangan sampai kita tidak menghormati Tuhan dan pada akhirnya kita akan dibuang menjadi sampah abadi di kekekalan.

Orang yang mau benar-benar menghormati Tuhan, harus belajar kebenaran firman Tuhan secara benar, sampai kita memiliki cara berpikir yang benar dari landasan kebenaran firman Tuhan yang kita mengerti.

Oleh sebab itu, kita tidak punya pilihan lain selain harus berubah. Hanya orang yang sungguh-sungguh menghormati Tuhan yang akan beruntung di dalam hidupnya.

Mungkin kita tidak membunuh, tidak berzina, tidak mencuri, tetapi apabila sikap hati kita yang kita tunjukan tidak sesuai dengan kehendak Tuhan, maka hal itu sama dengan tidak menghormati Tuhan.

Jadi orang yang tidak sungguh-sungguh menghormati Tuhan saat ini, maka tidak mungkin bisa diterima dalam Kerajaan Allah Bapa di Sorga.

Menghormati Tuhan itu sesungguhnya adalah sebuah kehormatan, sebab tidak semua orang pada akhirnya bisa memiliki kesempatan untuk menghormati Tuhan sampai di kekekalan. Amin.

Baca Juga Renungan : Ketulusan Hati Yang Mengasihi

Leave a Reply